Ini Perbedaan Jenis Sepeda MTB (Mountain Bike)

Sepeda gunung atau seringkali disebut sepeda MTB (Mountain Bike) merupakan jenis sepeda yang dikhususkan untuk jalur-jalur pegunungan. Desainnya sudah disesuaikan sedemikian rupa agar mampu melewati jalur berbatu ataupun offroad. Namun yang tidak banyak orang tahu, berdasarkan fungsinya sepeda gunung dibagi menjadi beberapa jenis.

Rancangan pertama sepeda gunung pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 dengan nama All Terrain Bike (ATB). Ciri khas jenis sepeda ini adalah kerangkanya dibuat dari bahan-bahan ringan, contohnya hi-ten, aluminium, titanium, atau serat karbon, dan memiliki bentuk ban yang lebih besar dan lebar. Tujuannya agar ban lebih kuat mencengkeram di tanah. Sepeda gunung yang diproduksi pertama kali pada saat itu juga belum menggunakan sistem suspensi seperti sekarang.

Mengenali Jenis-Jenis Sepeda MTB

Jika Anda hobi bersepeda, maka Anda harus tahu klasifikasi sepeda gunung agar tidak salah memili, baik pada saat membeli atau menggunakannya. Berikut klasifikasi sepeda gunung berdasarkan suspensi dan kegunaannya.

Jenis Sepeda Gunung Berdasarkan Suspensi

  • Hardtail – Sepeda MTB jenis ini sangat tangguh untuk melewati jalan menanjak karena dilengkapi dengan suspensi depan (fork). Selain itu cocok juga untuk cross country dan jalanan yang rata.
  • Full Suspension – Sepeda jenis ini memiliki suspensi di bagian depan dan belakangnya, jadi akan lebih meski melewati jalur yang tidak rata. Akan tetapi, sepeda full suspension kurang efektif untuk melewati jalur menanjak karena akan menimbulkan efek bobbing. Namun sekarang sudah ada fitur lock yang bisa membuat sepeda full suspension lebih efisien di berbagai macam jalur.
  • Fully Riqid – Sementara jenis sepeda ini sama sekali tidak dibekali suspensi apapun. Jika Anda pernah punya sepeda merek Federal yang populer di tahun 90-an, mereka masih menggunakan sistem ini.

Jenis Sepeda Gunung Berdasarkan Fungsi

  • Cross Country (XC) – Yang dimaksud cross country adalah sepeda ini cocok untuk aktivitas lintas alam. Jika dibandingkan dengan sepeda MTB jenis lain, harganya tergolong paling murah. Sistem suspensi yang digunakan di sepeda XC umumnya adalah hardtail, namun beberapa produsen juga ada yang menerapkan suspensi belakang. Kebanyakan sepeda jenis XC bobotnya hanya sekitar 9-14 kilogram saja.
  • All Mountain (AM) – Jenis sepeda MTB berikutnya adalah All Mountain, tetapi juga sering disebut Enduro atau Trail. Meski sama-sama digunakan untuk lintas alam, namun All Mountain lebih tangguh saat melewati medan yang berat. Sebagian besar sepeda AM sudah menggunakan full suspension dengan travel yang lebih panjang, hingga 15 cm.
  • Downhill (DH) – Sepeda downhill digunakan untuk melewati trek-trek menurun, sehingga desainnya dibuat agar lebih responsif agar dapat melaju lebih cepat. Akan tetapi sepeda ini tidak cocok digunakan di jalanan datar, karena kurang nyaman dikayuh. Harganya sendiri bisa mencapai puluhan juta rupiah.
  • Freeride (FR) – Secara umum sepeda MTB jenis FR dan DH hampir mirip, terutama dari segi bentuk dan kegunaannya. Namun sepeda FR memiliki ketahanan yang lebih baik untuk lompatan tinggi (drop off). Sayangnya sepeda ini tidak terlalu gesit saat di trek selain turunan, karena bobotnya bisa mencapai 23 kilogram.
  • Dirtjump (DJ) – Nama lain sepeda Dirtjump ini adalah urban MTB. Anda mungkin sering melihatnya menjadi alat transportasi sehari-hari karena dari segi bentuk memang tampak biasa-biasa saja. Akan tetapi sepeda DJ ini sebenarnya sering digunakan untuk melakukan atraksi seperti BMX, misalnya melakukan lompatan, menaiki anak tangga dan lain-lain. Beratnya sekitar 13-18 kilogram saja.

Rekomendasi Sepeda MTB Merek Lokal Terbaik

Indonesia memiliki sejumlah merek sepeda gunung ternama yang namanya sudah cukup dikenal di mancanegara, antara lain adalah Polygon dan United Bike. Keduanya sama-sama berkompetisi untuk memproduksi sepeda-sepeda terbaik.

Untuk harganya sendiri, sepeda gunung dari Polygon dan United Bike bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 1 jutaan untuk tipe termurah. Namun untuk beberapa jenis sepeda yang fungsinya lebih berat harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Jadi apakah Anda sudah menentukan sepeda MTB jenis apa yang cocok dengan kebutuhan saat ini? Untuk mengetahui harga terbaru sepeda-sepeda terbaik dari Polygon, United Bike atau merek lain, Anda bisa cek di situs Bhinneka. Dapatkan penawaran harga terbaik untuk produk-produk orisinal dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles