Tips Mengatur Gaji di Bawah Rp 3 Juta Per-Bulan

 

Masih banyak yang meragukan bahwa hidup di Jakarta tidak bisa hidup dengan gaji UMR atau UMP sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemprov. Jika mau berhemat dan merencanakan anggaran dengan baik, dengan gaji Rp 3 juta, kamu sebetulnya sudah bisa menabung dan berinvestasi.

Tapi, sayangnya justru kini pola hidup konsumtif memang sedang menjadi tren di kalangan generasi milenial. Alasannya sederhana karena tidak ingin dianggap kurang up to date atau merasa kurang percaya diri. Padahal di beberapa negara maju malah sebaliknya. Bahkan di Jepang, kini gaya hidup minimalis sedang menjadi tren. Gaya hidup ini terinspirasi dari Zen, sebuah ajaran tradisional yang berprinsip pada kesederhanaan. Umumnya penganut gaya hidup minimalis hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

Nah, kira-kira seperti apa ya cara mengatur gaji di bawah Rp 3 juta per bulan agar bisa tetap menabung sekaligus berinvestasi demi masa depan?

Alokasikan Gaji Sesuai Kebutuhan

Langkah pertama dalam mengatur arus kas bulanan adalah dengan menganggarkan dana sesuai dengan kebutuhan. Mengalokasikan gaji secara tepat menjadi kunci keberhasilan dalam mengatur gaji bulanan.

Salah satu yang perlu dipenuhi pertama kalinya adalah kebutuhan operasional atau kebutuhan biaya hidup selama satu bulan. Umumnya dana biaya hidup bisa diambil 70 persen dari total penghasilan.

Agar pengeluaran bisa terjaga, alokasi gaji 70 persen tiap bulan bisa dibagi dalam empat minggu sehingga lebih mudah mengatur belanja mingguan ataupun belanja bulanan.

30 persen sisanya bisa dialokasikan untuk tabungan, investasi dan juga zakat ataupun sedekah. Masing-masing bisa dibagi misalnya 10 persen untuk tabungan, 10 persen untuk investasi dan 10 persen lagi untuk zakat dan sedekah.

Sisihkan Untuk Investasi dan Tabungan di Awal

Alokasi dana untuk investasi dan tabungan hendaknya dilakukan di awal bulan. Jangan menunggu untuk menyisihkan sisa gaji di akhir bulan karena kecenderungannya gaji akan sulit bersisa jika tidak segera disimpan di bank atau diinvestasikan.

Hal tersebut juga akan membantu kamu agar hidup lebih komitmen untuk menyisihkan dana di awal untuk kebutuhan yang lebih penting lagi di masa depan. Memiliki rekening terpisah untuk tabungan pun sangat disarankan. Apalagi jika memiliki bisnis sampingan, jangan pernah menggabungkan dana operasional untuk bisnis dengan dana kebutuhan sehari-hari

Tahan Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup konsumtif merupakan gaya hidup yang berlebihan. Sebabnya bisa dari banyak hal, mulai dari pergaulan sampai dengan kurangnya rasa percaya diri.

Padahal ada banyak cara untuk bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri dibandingkan harus membeli barang-barang mahal demi bisa berbaur dan diterima oleh orang lain.

Misalnya dengan meningkatkan keterampilan bermusik, bernyanyi dan keterampilan lainnya yang bisa diasah dan dilatih setiap hari. Melalui keterampilan kamu bisa unjuk gigi di hadapan orang lain sehingga bisa lebih mudah diterima lingkungan.

Ajukan Cicilan dengan Bijak

Tidak ada salahnya jika bermimpi memiliki barang impian. Namun, jika dana belum mencukupi sebaiknya sabar dulu sembari menabung untuk mewujudkan impian.

Lain halnya jika barang tersebut dibutuhkan segera dan mendesak untuk menunjang pekerjaan atau membantu bisnis sehingga bisa lebih produktif. Misalnya jika memiliki bisnis toko online, tidak ada salahnya memiliki dua handphone sekaligus sehingga pengoperasian untuk bisnis dan pribadi bisa dipisahkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kamu bisa mencoba mengajukan kredit elektronik instan melalui Kredivo. Cukup unduh aplikasi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store dan siapkan syarat-syaratnya.

Kredit elektronik melalui Kredivo tak perlu menyiapkan DP apalagi syarat kartu kredit. Syaratnya praktis dan mudah. Apalagi ada dua opsi pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yaitu bayar tunai dalam 30 hari dengan bunga 0% dan cicilan hingga 12 bulan dengan bunga rendah sebesar 2,95%.

Kredivo sudah bekerja sama dengan lebih dari 150 situs belanja online terpecaya di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, Bukalapak, dan JD.id. Dengan begitu kamu bisa punya banyak pilihan untuk membeli barang elektronik yang dibutuhkan dengan cara kredit elektronik melalui Kredivo.

Siapkan Dana Darurat dan Asuransi

Cara membagi gaji bulanan memang akan lebih sulit lagi jika sudah berkeluarga. Itulah sebabnya kemampuan untuk mengatur gaji di bawah Rp 3 juta sudah harus bisa diterapkan selagi lajang.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, alokasikan juga dana darurat sektiar 5 persen dari gaji bulanan. Akan lebih baik lagi jika mendaftarkan asuransi minimal BPJS sebagai perlindungan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diharapkan.

Itulah tips mengatur gaji di bawah Rp 3 juta. Jika dimaksimalkan, selanjutkan mengatur uang gaji bulanan akan menjadi lebih mudah. Apalagi jika sudah berkeluarga akan lebih siap lagi membangun bahtera rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *